C7bByjQs28uHLh3Rx-mcR4P-QQE semboyan motivasi hidup orang jepang

Rabu, 16 Mei 2012

semboyan motivasi hidup orang jepang


Apa yang kita tahu dari bangsa Jepang ? Dan apa hebatnya bangsa Jepang ? Itu mungkin kalimat tanya yang klise jika untuk membandingkan negeri Matahari Terbit itu dengan Indonesia. Tetapi kalimat tanya tersebut jika kita telusuri jawabannya, maka ini bisa menjadi ‘shock therapy’ bagi pemuda Indonesia agar bangsa ini bangkit dari keterpurukan.

Kita pastinya masih ingat tragedi bom atom Hiroshima dan Nagasaki yang menewaskan puluhan ribu korban jiwa 65 tahun yang lalu. Peristiwa tersebut yang menyebabkan Jepang kalah dalam Perang Asia Timur Raya dan mengalami keterpurukan. Tapi sekarang lihat ! Peristiwa 65 tahun yang lalu seakan tak pernah terjadi pada Jepang. Bangsa itu telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat, serta infrastruktur yang baik, dan teknologinya sudah maju dan canggih. Jepang telah menjelma sebagai salah satu kekuatan asia bahkan dunia. Lalu apa yang mereka lakukan ? Mungkin itu yang terbesit dalam otak kita. Tapi saya punya salah satu jawaban diantara jawaban yang lain.

Usut punya usut, para pemuda Jepang mempunyai mental yang pantang menyerah. Itu disebabkan karena pada setiap akhir pelajaran di sekolah, guru yang mengajar biasa mengucapkan sebuah kata, “Ganbatte Kudasai!” Apa itu artinya ? Dan apa efeknya bagi para pelajar di Jepang ? Kata tersebut adalah seruan untuk memotivasi seseorang agar semangat dan terus berjuang dalam menjalani hidupnya. Efeknya ? Ya tentu kita bisa lihat sendiri. Bagaimana mental pemuda jepang yang ulet, rajin, dan pantang menyerah karena sering dimotivasi untuk never give up.

Dan bagaimana dengan bangsa Indonesia? Apakah kita masih bisa berpacu dengan bangsa lain? Apakah kita masih bisa bangkit dari keterpurukan? Apakah kita masih bisa menjadi juara? So, let’s doing something! Ganbatte kudasai!

beberapa cara usaha orang jepang menjadi makmur seperti sekarang.

1. Kerja Keras
Tentu ini motivasi yang patus kita contoh! Sama seperti kebanyakan orang-orang di Asia Timur. Mereka menjadi pekerja keras dalam hidupnya.
Kata mutiara motivasi : Di dunia ini tidak ada yang namanya kegagalan, yang ada adalah kita kurang bekerja keras.

2. Pantang Menyerah
Masyarakat jepang untuk ini benar-benar membuktikannya. Dulu mereka setelah porak-poranda akbiat perang dunia ke II. Hanya membutuhkan waktu tidak lama untuk menjadi salah satu pusat ekonomi dunia.
Pesan Motivasi : Menyerahlah jika peluang benar-benar sudah habis. Tapi selagi masih ada satu harapan, Raihlah dengan kerja keras dan anda pasti SUKSES.

3. Menjaga Kehormatan
Jika kamu sering melihat film atau mungkin mengikuti artikel berita di TV, sesekali pasti mendengar istilah Harakiri yaitu bunuh diri dengan menusukkan pedang ke perut. Itu dilakukan oleh masyarakat disana karena mereka tahu malu.
Masih ingat Menteri Kesehatan Jepang yang mengundurkan diri karena melakukan kesalahan. Atau pejabat yang akhirnya bunuh diri karena telah melakukan korupsi. Atau  pelajar yang bunuh diri karena nilainya jelek. Dan menjadikan orang jepang menjadi nomer satu dalam kasus bunuh diri.
Tapi ingat BAIK-BAIK artikel ini tidak memerintahkan anda bunuh diri jika membuat orang lain susah. Pesan Motivasi yang bisa kita raih adalah “Tahu Malulah”, dan kemudian intropeksi diri berbuat lebih baik lagi

4. Rajin Membaca
Membaca seperti menjadi sebuah budaya di Jepang. Bukanlah hal yang aneh melihat orang bejalan sambil membaca.Atau saat anda masuk ke kereta listrik, disana bisa dilihat banyak orang yang membaca.
Banyak-banyaklah membaca artikel, apalagi sekarang sudah zaman internet anda bisa mendapatkan artikel tentang berbagai hal mulai dari komputer, motivasi, sejarah, ekonomi dsb. Karena dengan lebih banyak mengetahui informasi dibanding lawan, anda sudah lebih dekat ke tujuan.

5. Menjaga Tradisi
Motivasi yang ini patut kita contoh. Mengapa? bayangkan saja dengan kemajuan tekhnologi dan ekonomi. Mereka tetap tidak meninggalkan tradisi. Bahkan bintang pernah menonton berita yang memperlihatkan “Laptop dikasih jampi-jampi supaya tidak terkena masalah”.
Entah sekarang anda saat ini kerja atau sedang belajar. Gunakanlah artikel sukses dari orang jepang diatas untuk dijadikan motivasi. Kobarkan SEMANGAT anda, karena sukses adalah HAK setiap orang bagi yang mau menerimanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar